Kamis, 02 Februari 2012

[Obrolan Dapur] Acara Masak Favorit

Selain suka masak, saya juga suka nonton acara masak memasak di TV. Berikut ini adalah acara-acara memasak yang saya suka. Awalnya sih mau dibikin peringkat, dari yang paling disuka sampai yang paling tidak disuka, tapi gak jadi, mendingan saya tulis saja komentar dan penilaian saya (baik positif maupun negatifnya). Btw penilaian/komentar bersifat obyektif yak, jadi dilarang protes :D
Sumber gambar: @AlaChef_TransTV


Ala Chef
Kalau menurut saya daya tarik utama dari acara ini adalah Farah Quinn sendiri. Penampilannya yang seksi, penampilannya yang centil serta gaya bicaranya yang campur aduk antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.

Yang saya suka dari acara ini adalah gaya memasak chef Farah yang seperti memasak di dapur rumah, (kelihatannya) asal ambil dan asal cemplung ke wajan/panci, padahal ya tetep aja harus di ukur, hehehe.

Kalau menurut saya chef Farah jago sekali dalam mengolah masakan barat, untuk platting/presentasinya bener2 membuat air liur mengalir deras (lebay.com), tetapi ketika memasak masakan tradisional, sering kali kerepotan dan hasil akhir (presentasi penyajiannya) pun tidak se menggugah selera seperti masakan barat. Trus lagi kadang kru nya suka nakal, suka ambil gambar seksi sang chef, jadi bikin gak konsen aja yang nonton, hehehe....

Ala Chef diputar di TransTV setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 10.00 WIB.
Website  : Ala Chef TransTV 
                  farahquinn.com
Twitter  : @QuinnFarah
                  @AlaChef_TransTV

Sumber gambar: Good Living Fanpage

Good Living
Chef Edwin Lau dulu memandu acara Healthy Life di Metro TV setiap hari Sabtu pukul 08.00 WIB. Kemudian ada perubahan acara dengan munculnya acara 8 -11 Show, acara Healthy Life pun tergusur, sempat mendapat "kapling" d acara tersebut, namun entah kenapa kemudian menghilang (sempat digantikan oleh chef lain), untuk saat ini saya tidak tahu apakah masih ada kapling masak-memasak di 8 - 11 Show. 

Akhirnya chef Erwin kembali hadir di acara Good Living. Yang saya suka dari acara memasaknya chef Edwin adalah, dia selalu konsisten dengan konsep healthy life (ya iyalah, namanya sudah mencerminkan isi acaranya, *dooooh*). Menikmati acara Good Living bukan hanya menikmati melihat seorang chef tengah memasak kemudian menikmati makanan yang disajikan, namun juga belajar banyak hal tentang kesehatan. Agak-agak berasa seperti ikut kuliah kesehatan makanan, hehehe...

Sayangnya acara ini tayangkan setiap hari Sabtu pagi, sehingga saya jarang bisa melihatnya. Tapi pernah saya lihat 2 kali chef Edwin pakai kacamata bingkai putih nggak banget deh chef ~_~"

Good Living ditayangkan di MetroTV setiap hari Sabtu pukul 11.00 WIB
Website          : Good Living @MetroTV
FB Fans Page: Good Living
Twitter          : @chefedwinlau

Sumber Gambar: erpege

Harmoni Alam
Awalnya acara ini dibawakan oleh chef Haryo Prabu, sempat pindah-pindah jam dan hari tayang. Kemudian diganti oleh chef Ari Galih. Acara masak memasak kemproh, hihihi... soalnya memasak di alam, dengan sarana prasarana dan peralatan seadanya. Dulu sewaktu masih dibawakan chef Haryo bener-bener seadanya, sekarang-sekarang saja sudah agak-agak "beradab" hehehe.

Yang saya suka dari acara ini adalah, walaupun dengan peralatan yang ala kadarnya, masakan yang dihasilkan tidak asal-asalan. Masakannya pun bukan masakan simpel, namun tak jarang masakan susah (hehehe... bahasanya belibet amat yak :p). 

Sebenarnya gak beda-beda amat dengan Ala Chef, sama-sama masak di alam terbuka, disertai dengan liputan mengenai alam sekitar.
Website: TransTV
Twitter : @harmoni_alam
                 @arigalih13


sumber gambar: transtv
Menjamu Tamu
Awalnya acara Menjamu Tamu ber setting rumah/apartemen, berupa ruang tamu bersambung dengan dapur. Formatnya Rima Melati Adam dan Narji (yang berperan sebagai suami istri) menerima tamu-tamu mereka, ngobrol ngalur ngidul, kemudian Rima memasakkan untuk tamu-tamunya. Kemudian formatnya berubah, syutingnya bukan lagi di set, tapi di rumah beneran (rumah Rima?) dan sudah tidak ada lagi acara Rima ngobrol dengan tamu-tamunya (mungkin karena sudah ada acara With Farah Quinn). 

Saya lebih suka format yang sekarang, jujur sering saya merasa format yang lama terkesan bertele-tele dan membosankan. Sementara yang sekarang lebih simple dan enak ditonton. 

Menjamu Tamu ditayangkan TransTV setiap hari Minggu pukul 07.30 WIB.
Twitter : (kalau ada yang tau akun twitternya Menjamu Tamu, share disini dong :D)

sumber gambar: @makanbesarT7

Makan Besar
Acara yang unik, mencoba memasak masakan-masakan yang biasa kita temui sehari-hari namun dalam ukuran yang (super) besar. Minggu kemarin memasak fuyunghai dan nasi goreng, pernah juga masak ikan bakar, pizza, dll.

Menarik dan entertaining, cuman sayangnya suka lebay, kayak kemarin pas ngebalik/meletakkan fuyunghai di mampan atau pas masak gagal, adegannya dibikin kayak di termehek-mehek (jangan-jangan kru nya sama yak?), biasa aja kali ah, udah biasa klo yang namanya masak gagal, tidak sesuai 100% dengan harapan. 

Makan Besar ditayangkan di Trans7 setiap hari Minggu pukul 09.00 WIB.

Twitter : @makanbesarT7


sumber gambar: BPTP Banten

Koki Cilik
Seru juga ngeliat anak-anak kecil memasak, baik ditemani oleh chef profesional maupun dengan bintang tamu. Memang sih sering terlihat kikuk dan tidak profesional (ya iya lah, menurut lo? :p)

Selain acara memasak, juga ada liputan tentang masakan, kandungan gizi serta hal-hal yang ada di sekeliling anak-anak, bisa dikatakan variety show lah, kadang membahas tentang makanan khas suatu daerah, lain waktu ada permainan, trus dilain waktu liputan tentang suatu daerah. Oh iya, setiap hari punya tema yang berbeda. Ada Koki Cilik Tamasya, Koki Cilik dan Bintang, dll.

Oh iya, pembawa acara ini ada beberapa orang, sampe lupa siapa saja. Trus biasanya mereka punya akun twitter mereka sendiri yang ditayangkan di acara ini. Yang pengen tahu keseharian koki-koki cilik ini, sok lah pantengin acara ini dan catet serta follow akun twitter mereka.

Koki cilik ditayangkan di Trans7 setiap hari Senin - Jum'at, pukul 14.30 WIB
                 Blog Koki Cilik
Twitter : @kokicilik

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes