Saturday 14 July 2012

[Obrolan Dapur] Practice Make Perfect

Saya rasa kita pernah atau bahkan sering mendengar ungkapan "Parctice Make Perfect" yang dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti dengan banyak berlatih kita akan mencapai kesempurnaan.

Ungkapan tersebut berlaku untuk semua aspek kehidupan, termasuk juga dalam bidang masak memasak. Sangat jarang kita jumpai orang yang sekalinya masak langsung bisa sempurna, rasanya dan penampilannya enak. 

Lebih sering kita temui (atau bahkan mengalami sendiri) kegagalan sewaktu memasak, mungkin rasanya kurang mantap (kurang asin, kurang gurih, kurang bumbu, dll), atau penampilannya yang memuaskan (gosong, kurang tanak, kua e bantat, dll). Sering kali kegagalan yang kita alami bikin bete, sudah susah payah masaknya, begitu disajikan ternyata tidak sesuai dengan harapan awal.

Eits... Jangan kecewa dulu, justru dengan kegagalan yang kita alami tersebut, kita jadi belajar. Banyak faktor yang harus kita perhatikan saat kita memasak, memasak bukan sebuah ilmu pasti dengan hitung-hitungan yang sama persis seperti matematika. Memasak bukan hanya perhitungan yang sama persis disetiap memasaknya, memasak juga membutuhkan perasaan.

Contohnya, ketika kita membuat kue atau roti, terkadang kita harus menambah atau mengurangi jumlah telur, cairan, ataupun mentega tergantung pada jenis tepung yang kita pakai, demikian juga ketika kita memasak sayuran.

Anyway... Di satu sisi banyak juga cerita dalam sejarah memasak dimana makanan-makanan yang sekarang ini banyak disukai orang justru berasal dari kegagalan dalam memasak, misalnya kue brownies ataupun kue sus. Banyak juga yang berasal dari eksperimen coba-coba yang dilakukan dan ternyata hasilnya enak dan banyak disukai orang.

Soooo.... Moral of the story, kita membutuhkan perhitungan matang ketika memasak, tapi jangan takut dalam berinprovisasi dan melakukan eksperimen dalam memasak, sebab siapa tahu masakan kita yang tidak sama persis dengan yang kita harapkan (resep) justru rasanya enak dan justru menjadi masakan baru. :)

P.S.
Tulisan ini dibuat setelah uji coba bikin roti dengan bahan-bahan yang ada dan dengan hasil yang yah.... begitulah :p


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes