Sunday 14 August 2011

[Resep] Mie Dingin Buah Warna Warni


Tadi siang sempat ngobrol dengan Kris, teman saya yang sekarang tengah belajar di Kobe, Jepang. Dia bilang kalau sekarang disana lagi musim panas dan puanasnya minta ampun sampai 38 derajat (celcius). 

Sorenya sewaktu menyiapkan takjil buat berbuka, saya jadi keingat kebiasaan orang Jepang sewaktu musim panas suka membuat mi dingin. Cuman, saya tidak bisa membuatnya di rumah, selain saya tidak tahu resepnya, tidak ada bumbu2nya (belum tentu hypermarket di Solo Baru yang paling dekat dengan rumah saya jual bumbu-bumbu Jepang), juga karena alasan belum tentu orang rumah suka dengan Mi Dingin ala Jepang yang asli. Terbetik ide *tsyaaah bahasanya* untuk memodifikasinya dengan citarasa yang jelas-jelas diterima oleh lidah Jawa keluarga saya. Terbuat dari bahan-bahan yang pasti ada di sekitar kita, mudah dan murah membuatnya. berikut resepnya.

Bahan-Bahan

Melon secukupnya
Pepaya mengkal/tidak terlalu matang secukupnya
Blewah secukupnya
Sirup semanisnya (rasa sesuai selera)
Es batu secukupnya.

Cara Membuat
  1.  Serut buah-buahan dengan alat serut, tata diatas mangkok.
  2. Tambahkan es batu/ es serut secukupnya
  3. Siram dengan sirop, siap untuk disajikan.

Catatan
  •  Buah-buahan bisa divariasikan dengan buah-buahan yang ada sukai dan atau yang tersedia, usahakan cari buah yang warnanya berbeda agar terlihat lebih meriah.
  • Rasa sirup bisa disesuaikan dengan selera, bisa juga menggunakan simple syrup atau madu
  • Variasi lain bisa ditambahkan 1 atau 2 scoop es krim vanila/rasa buah 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes