Monday 30 January 2012

[Resep] Sayur Daun Singkong Tumbuk


Saya suka dengan sayur daun singkong tumbuk yang ada di Restoran Padang, selain bumbunya yang khas, ternyata dengan ditumbuk dan bukan di potong dengan pisau, menghasilkan cita rasa yang berbeda.

Anyway, kemarin saya mencoba untuk membuat sendiri sayur daun singkong tumbuk tersebut, versi saya sendiri tentu saja, karena tidak sempat untuk googling. Dengan berbagai bumbu yang ada di dapur akhirnya selesai juga sayur daun singkong buatan saya. Dan rasanya pun cukup enak (paling tidak itu yang dikatakan kawan saya yang tengah main ke rumah saya :D)

Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya:

Bahan-Bahan
250 gr daun singkong muda, siangi
Air untuk merebus secukupnya
600 ml santan kekentalan sedang
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu-Bumbu
5 siung bawang putih, iris halus
3 siung bawang merah, iris halus
10 buah cabe rawit
1 sdm bumbu kari bubuk
Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat
  1. Rebus air hingga mendidih, masak daun singkong hingga empuk (kurang lebih 15 menit), angkat, tiriskan.
  2. Tumbuk daun singkong hingga halus, sisihkan.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga harum, masukkan daun singkong, aduk rata tambahkan bumbu kari.
  4. Masukkan santan, masak sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  5. Tambahkan garam dan gula, aduk rata.
  6. Angkat, siap untuk disajikan

1 comments:

Toko Online Ramuan Madura said...

mantttaaaap..

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes