Sunday 6 January 2013

[Tips] Nasi Bakar

Nasi bakar sudah serinng kita jumpai di rumah makan/ restoran sejak 3-4 tahun lalu, tapi saya jarang menemukannya di aplikasikan di rumah tangga (jyah bahasanya susah bener). Penyajian nasi dengan cara dibakar sebenarnya bisa dijasikan trik untuk menggugah selera makan dan mensiasati kalau kita kehabisan ide mau masak apaan atau ketika tanggal tua. Kali ini saya akan mencoba mengulas lengkap mengenai nasi bakar.
BAHAN PEMBUNGKUS
Yang sering kita temui nasi bakar dibungkus dengan daun pisang. Namun demikian kita juga bisa berkreasi dengan menggunakan daun talas yang masih muda ataupun daun teratai. Yang harus diingat layukan dulu daunnya agar mudah dilipat, khusus bila menggunakan daun talas, pelayuan daun juga berfungsi untuk membuang getah daun agar tidak menimbulkan gatal di lidah.

CARA MEMBUNGKUS
Kebanyakan yang kita temui nasi bakar berbentuk lonjong seperti lontong dengan ujung dilipat, namhn agak-agak susah dan ribet. Bisa juga melipat daunnya seperti yang ada pada gambar. Lebih mudah dan cepat.

CARA PEMBAKARAN
1. Dengan menggunakan arang. Seperti membakar sate pada umumnya.
2. Menggunakan wajan datar. Panaskan wajan datar kemudian letakkan nasi yang sudah dibungkus daun diatasnya bakar masing-masing sisi sekitar 3 menit. Saya tidak menyarankan menggunakan wajan dengan lapisan anti lengket karena akan mudah mengelupas. Gunakan wajan yang tanpa lapisan anti lengket.
3. Menggunakan oven/ microwave.
Diantara ketiganya tentu saja yang paling enak dengan cara pertama, namun lebih repot dibanding yang lain (terutama kalau kita tidak biasa masak dengan menggunakan arang/kayu)

JENIS-JENIS NASI BAKAR
1. Nasi Bakar Plain
Yang dimaksud disini adalah nasi biasa yang dibungkus daun kemudian dibakar. Bisa nasi putih atau nasi merah. Jenis nasi bakar ini bisa disajikan dengan berbagai macam lauk. Misalnya ayam bakar/goreng + sambel dan lalapan. Atau sayur lodeh + sambel dan ikan asin. Atau sayur lainnya.
2. Nasi Goreng Bakar
Setelah nasi digoreng bungkus dengan daun kemudian di bakar. Cocok untuk mengakali nasi goreng yang tidak habis dimakan :D (selama nasi gorengnya masih enak/belum kadaluarsa)
3. Nasi Gurih Bakar
Nasi gurih yang dimaksud disini bisa nasi kuning, nasi kabuli, nasi uduk ataupun berbagai macam jenis nasi berbumbu lainnya.
4. Sego Kucing Bakar
Ketiks kuliah dulu, di dekat kampus ada warung wedangan yang menjual nasi kucing yang dibungkus dengan daun pisang. Dan banyak pembeli yang minta nasinya dibakar dulu, rasanya? Jelas lebih sedap. Sego kucing terdiri dari nasi + potongan bandeng/ikan asin + sambel.
5. Nasi Bakar Isi
Kita bisa mengkreasikan nasi bakar dengan berbagai macam isian. Sambel goreng tempe/tahu/ati sebagai isian seperti layaknya kalau kita membuat arem-arem. Atau isian telur dadar yang diiris halus/ omelet. Atau potongan daging ayam berbumbu seperti halnya pada nasi tim Hainan.
Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba :D

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes