Sunday 3 November 2013

[Review] Es Krim Tentrem Yang Bikin Tentrem


Sebenarnya saya jarang secara khusus hunting kuliner, terlebih kalau di luar "jangkauan wilayah" saya. Biasanya kalau mau ke satu tempat baru nyari referensi tempat makan di daerah tersebut. 

Es krim Tentrem sendiri sebenarnya di luar jangkauan wilayah saya, namun karena "terprovokasi" oleh postingan mas Andika disini akhirnya sayapun memutuskan untuk pergi ke Es Krim Tentrem.

Agak susah juga untuk menemukan toko es krim ini, terletak di deretan pertokoan di jalan Jend. Urip Sumoharjo Solo. Tidak seperti toko lainnya yang heboh dengan dekorasi agar "terlihat" oleh calon pembeli. Di depan Toko Es Krim Tentrem hanya ada baliho diatas pintu masuk yang menunjukkan bahwa toko tersebut bernama Tentrem yang menjual es krim.

Sederhana, itu kesan yang saya dapatkan saat masuk kedalam toko, ruangan yang tidak terlalu luas, hanya terdapat 4 pasang meja rotan beserta kursi yang juga terbuat dari rotan yang sudah mulai kempes busanya. Tidak seperti restoran lain yang menawarkan suasana interior yang modern atau tradisional. 


Kesederhanaan lainnya datang saat pelayan memberikan sebuah album foto (yang biasa kita dapatkan sebagai hadiah saat mencetak foto) yang ternyata merupakan daftar menu sajian yang ditawarkan oleh Es Krim Tentrem. Di dalamnya terdapat foto-foto sekaligus harga dari es krim yang ada. Oh iya, tips untuk memesan, pada kebanyakan gambar hanya ada 3 jenis es krim yaitu coklat, vanila dan strowberi. Tapi sebenarnya ada banyak pilihan lain yang bisa kita pesan, ada rasa anggur, rum raisin, durian dan lain sebagainya.

Tak perlu menunggu lama, pesanan kamipun datang. Es krim yang kami pesan Banana Split dengan rasa anggur, rum raisin dan strowberi, Tutti fruti, es krim cup rasa rum raisin dan es krim bungkus (lupa namanya) yang terdiri dari 3 rasa es krim.

Pertama kali yang saya rasakan sewaktu mencicipi es krimnya adalah kalem, tidak terlalu creamy dan juga tidak terlalu manis. Mengingatkan saya dengan es krim buatan rumahan. Banana Split nya seru, karena selain terdiri atas 3 rasa es krim, tambahan buah kaleng, pisang juga sus kering dan wafer stick nya bikin seru makannya. My personal favourite would be Rum Raisin, selain karena jarang nemu es krim dengan rasa ini, juga karena rasanya yang kalem perpaduan antara rum dan juga raisin hampir seperti sherbet IMO. Favorit saya yang kedua adalah rasa vanila, bikin meleleh waktu memakannya.

Oh iya, jangan takut untuk pesan rum raisinnya karena tidak akan membuat anda mabuk :D Selain itu ada beberapa jenis es krim yang di jual dalam bungkus yang terdiri dari beberapa rasa yang tidak bisa kita pilih rasa mana yang kita suka, jadi untung-untungan gitu deh :D

Kekurangan dari Es Krim Tentrem ada pada menunya yang kurang detail, ada baiknya kalau ditambahkan daftar rasa es krim yang tersedia, sehingga pelanggan tidak perlu bertanya 

Salah satu tempat yang patut untuk direkomendasikan jika anda main ke kota Solo, jika anda suka es krim mencari tempat makan yang nyaman, beda dengan yang lainnya, tidak rame dan tidak perlu antre, coba lah untuk kesini. Tidak ada alayer yang ngobrol heboh seakan-akan dunia milik mereka sendiri dan menganggu pelanggan lain. 4/5 bintang saya berikan untuk Es Krim Tentrem. Selamat mencoba :)



2 comments:

Andika Hermawan said...

akhirnya mampir juga buat mencicipi es krim ini mas :D

Djaw! said...

@Andika Hermawan
Iya, mumpung ada waktu dan ada temen yang diajak jalan :D

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes