Sunday 13 November 2011

[Review] Gudeg Ceker Margoyudan

Dilayani satu demi satu


Early note: I have made a promise of myself to make and finish this review, and now I try to did it. 

Gudeg cakar Margoyudan, saya rasa sudah banyak orang yang mengetahuinya. Sudah banyak pula blog/website yang menulis tentang warung gudeg ini.

Alasan kenapa saya menulis review ini adalah karena ada cerita dibalik gudeg ini, kalau waktu itu sih rasanya agak2 menjengkelkan, tapi klo sekarang rasanya lucu saja dan patut untuk dikenang (eaaa). Well cerita lengkapnya sudah pernah saya tulis di twitter jadi klo mau tau, sok atuh ubek2 timeline saya :p


Ok,,, back to review. Gudeg ini terletak di depan Gereja Kristen Jawa Margoyudan, Jl. Sutan Syahrir, Surakarta. yang ajaib dari warung gudeg ini adalah, jam bukanya yang tidak biasa. Warung gudeg ini buka mulai (sekitar) pukul 02.00 dini hari - pukul 06.00 pagi hari (atau sampai habis). Tapi jangan salah, walaupun buka di pagi buta, pelanggannya pun tidak sedikit.  Bahkan bisa dipastikan kita akan antri panjang untuk membeli gudeg disini. Apalagi klo pas musim liburan, hadeeeh... dijamin lama deh, but it's all worth with the taste of the gudeg (halah)

Antrinya seperti di terminal bus :p

Berbeda dengan gudeg Jogja yang kering, kecoklatan dan berasa manis, Gudeg ceker Margoyudan menggunakan gagrag Solo, dimana gudeg berwarna lebih putih, sedikit berkuah dan terasa lebih gurih. Seperti namanya, gudeg ini disajikan dengan ceker ayam yang dimasak ingkung dan disiram santan areh. Cekernya sendiri dijual terpisah dan jika kita tidak suka ceker, bisa diganti dengan daging ayam atau telur, sesuai keinginan kita. Cekernya sendiri disajikan bersih, tanpa sisa2 kulit ari serta telah dibuang kukunya. Oh iya, untuk nasinya menggunakan nasi biasa, maksudnya bukan nasi berbumbu.

Tempatnya cukup nyaman, ada pilihan lesehan dan juga disediakan tempat duduk, tapi tidak meja makannya, kalau teman saya bilang sih kayak antrean di stasiun, hehehehe....

Penilaian saya, 4 bintang untuk Gudeg ceker Margoyudan, bila anda tengah mengunjungi kota Solo, wajib dan harus mencoba kuliner yang satu ini. Dijamin sebuah pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan. 


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes