Wednesday 6 July 2011

[Resep] Kering Kentang



Kemarin kakak saya yang di Pamulang mudik membawakan banyak sekali kentang (mungkin maksudnya buat ibu yang suka kambuh sakit maggnya). Tadi pagi ibu menyuruh saya untuk memasak kentang tersebut untuk camilan Fajar (keponakan saya yang anaknya kakak saya tersebut). Hehehe.... kebalik-balik ya? Awalnya ibu menghendaki untuk dibuat keripik kentang, cuman karena buatnya ribet, akhirnya saya putuskan untuk membuat kering kentang yang juga disuka oleh keponakan saya.


Kering kentang, atau ada juga yang menyebutnya kentang balado, merupakan makanan yang simpel cara membuatnya, dan selain untuk camilan bisa juga dipakai sebagai simpanan lauk (apalagi sebentar lagi puasa). Tergantung pada cara masak dan cara penyimpanannya, kering kentang bisa bertahan hingga 3 bulan.

Berikut resep kering kentang yang tadi saya buat.

Bahan
1 kg kentang
air panas secukupnya untuk merendam
1 sdm garam
Minyak untuk menggoreng

Bumbu
2 cabe merah
4 siung bawang putih
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya
4 sdm gula pasir
1 sendok sayur air
Minyak untuk menumis secukupnya


Cara membuat
1. Cuci bersih kentang (bisa dikupas ataupun tidak) iris korek api kecil/ tipis
2. Rendam dalam air panas yang sudah diberi garam, diamkan sejenak. Buang airnya, cuci bersih di air yang mengalir, tiriskan.
3. Panaskan minyak agak banyak, goreng kentang hingga kering (kuning kecoklatan), tiriskan.
4. Haluskan bumbu2 kecuali gula pasir.
5. Panaskan minyak untuk menumis, masukkan bumbu, aduk hingga harum.
6. Tambahkan gula pasir dan air, aduk rata hingga gula larut dan air menyusut (kuah mengental dan berbuih)
7. Masukkan kentang, sambil diaduk rata dan cepat.
8. Matikan api, dinginkan, siap untuk disajikan.

Catatan:
1. Menurut buku yang pernah saya baca, kulit kentang memiliki kandungan gizi yang baik buat kita, tapi kalau anda tidak suka dan merasa aneh, anda bisa mengupasnya (kalau saya satu alasan itu, yang lainnya males buat mengupasnya :p)
2. Jumlah cabai bisa disesuaikan dengan selera, jika anda suka pedas, silahkan ditambah.
3. Kentang bisa ditambah dengan kacang tanah atau tempe.
4. Biasanya saya menggunakan tambahan lengkuas untuk bumbunya agar baunya lebih sedap, cuman tadi kelupaan :">

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes