Saturday 22 June 2013

[Obrolan Dapur] Lomba Memasak Serba Tempe

Dari Senin sampai dengan Kamis kemarin sekolah rame dengan kegiatan class meeting, berbagai macam lomba diadakan untuk anak-anak semunya. Khusus untuk hari Kamis kemarin (20/6/2013) kemarin adalah lomba memasak. Untuk pesertanya seluruh siswa baik putra maupun putri.
Memasak bersama

Tema lomba nya adalah masakan serba tempe. Tidak disangka dan tidak di duga, walaupun kemarin-kemarinnya mereka sempat mengeluh (tentang iuran, pembagian tugas, peralatan masak yang harus dibawa, dan sebagainya), namun pada saat pelaksanaan anak-anak antusias sekali.
Tempe Bacem

Kegiatan lomba diadakan di halaman kelas, dari sekian peserta lomba, hanya 2 kelompok yang membawa kompor gas, lainnya membawa kompor minyak dan bahkan ada yang memasak menggunakan tungku kayu (batu bata dan kayu diperoleh dari seputaran halaman sekolah).
Perkedel Tempe

Sempat saya menengok sejenak ketika anak-anak tengah memasak. Ada kelompok yang sudah selesai memasak dan tengah mengatur penyajian. Ada juga yang masih sibuk dengan masakannya, sibuk dengan api yang padam melulu, ada juga yang malah berdebat dengan sesama kelompok gara-gara masakan. Yah namanya juga anak-anak :))

Bestik Tempe

Kelar memasak dan anak-anak sudah menyiapkan masakan mereka, saatnya untuk penilaian. Daaan... Ternyata jurinya adalah semua guru yang ada di sekolahan saat itu (termasuk saya). Ini adalah hukum kebetulan yang menyenangkan. Kebetulan pas laper, kebetulan pas diajak mencicipi masakan anak-anak.
Pepes Tempe
Anak-anak cukup kreatif dalam menyajikan masakan mereka, walaupun beberapa ada yang terlalu banyak hiasannya sehingga terlalu meriah (menurut saya lho ya, silahkan anda menilai sendiri dari foto-foto yang ada). Untuk jenis masakannya bervariasi, tiap kelompok diberikan resep masakan yang berbeda. Untuk rasa? Namanya juga anak-anak yang, saya rasa banyak diantara mereka yang tidak pernah membantu ibunya memasak di rumah (terutama yang laki-laki). Namun secara keseluruhan cukup enak, tidak ada yang ancur-ancur banget lah :p

 Dari segi penampilan, ini dia favorit saya, sederhana dan rapi
Sate Tempe

Burger Tempe

Kroket Tempe
Kalau yang ini makanan yang bikin bingung, namanya dadar tempe tapi bentuknya seperti perkedel, untuk rasa lumayan lah...

Dadar Tempe
  
Dan ini masakan-masakan yang lainnya:

Gulai Tempe

Martabak tempe

Martabak tempe

Sate Tempe

Burger Tempe
Mana pilihan anda?

2 comments:

Anonymous said...

Wah kreasinya mantab2
Mau dong nyobain :)

Djaw! said...

@cumakatakata
Tahun depan ke sekolah saya, biar bisa ikut icip2 :D

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes