Sunday 2 June 2013

[Tips] Menabung Untuk Lebaran

Sekitar 2 bulan lagi kita akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri, dan seperti yang kita ketahui bersama memasuki bulan Ramadhan harga berbagai macam kebutuhan sehari-hari merangkak naik bisa 2x lipat bahkan lebih dari harga sebelumnya, terlebih sekarang dengan adanya rumor kenaikan harga BBM bisa dibayangkan bagaimana kenaikan harga kebutuhan sehari-hari nantinya.

Untuk itulah kita perlu mengatur pengeluaran dengan cermat serta menabung. Kali ini saya bukan bicara tentang menabung uang, tapi menabung kebutuhan sehari-hari yang kita butuhkan untuk keperluan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Kita akan bicara mengenai menabung makanan dan bahan makanan. Ada beberapa bahan makanan yang bisa kita tabung, kita persiapkan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan dan Idul Fitri, diantaranya:


Bumbu Dapur
Bumbu dapur seperti berbagai jenis cabai, bawang merah dan bawang putih serta beberapa bumbu dapur lainnya sering kali mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi selama Ramadhan dan Idul Fitri. 
  • Bawang merah dan putih bisa kita beli jauh-jauh hari dan jika disimpan dalam kondisi terbuka dan di tempat yang kering bawang merah dan putih bisa bertahan sampai 6 bulan. 
  • Untuk menabung cabai bisa dilakukan dengan cara mengeringkannya dan kemudian menyimpannya dalam toples kering kedap udara, dengan cara ini cabai kering bisa bertahan 6 bulan lebih (cara membuat cabai kering pernah saya tulis disini)
  • Bumbu-bumbu seperti merica, ketumbar, kayu manis, dan star anise bisa kita beli dalam keadaan kering baik masih utuh ataupun dalam bentuk bubuk, simpan dalam wadah kedap air, kering dan tertutup rapat maka bisa tahan hingga lebih dari 3 bulan.
  • Rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan kawan-kawannya bisa kita tabung dalam bentuk bubuk, simpan di tempat yang kering. Untuk bumbu berbentuk bubuk, jika sudah menggumpal dan apalagi sudah berubah warna/ bau serta keluar jamurnya sebaiknya segera dibuang.
  • Ada banyak bumbu instant dijual di pasaran dari bumbu nasi goreng sampai dengan bumbu rendang, rawon dll. Tak ada salahnya juga anda menabung bumbu instant ini, tapi sepanjang pengalaman saya, saya belum menemukan bumbu instant dengan rasa yang mantap seperti kita memakai bumbu asli, jadi saran saya mending menabung bumbu-bumbu original saja.

Sayuran
Sayuran termasuk bahan makanan yang tidak tahan lama jika disimpan dalam bentuk segar. Ada dua cara untuk menabung sayuran yang pertama membuatnya menjadi acar/asinan dan menanamnya. Berbagai macam jenis bibit sayuran bisa kita dapatkan di pasar tradisional maupun toko pertanian. Gunakan polibag/ pot jika anda tidak mempunyai lahan yang cukup besar. Berbagai jenis sayuran bisa kita tanam di pot/polibag, yang harus kita perhatikan adalah masa panen dari tanaman tersebut. Untuk bayam dan sawi hijau masa tanam tidak lebih dari 1 bulan sudah bisa kita panen, sementara untuk terung 2 - 3 bulan baru bisa kita petik buahnya. Jangan lupa untuk menyiram dan memberi pupuk agar tumbuh dengan baik.

Bahan-Bahan Kue
Berbagai jenis tepung dan susu bubuk dapat kita tabung jauh-jauh hari, letakkan dalam wadah kering, tertutup kedap udara. Untuk mentega, keju dan telur lebih bagus kalau disimpan di lemari es. 

Lain-Lain
  • Daging, unggas dan ikan. Simpan dalam keadaan beku di dalam freezer, bisa bertahan hingga 3 bulan. Apabila anda memiliki halaman yang cukup luas anda bisa menabung unggas dan ikan dengan cara memeliharanya sejak kecil, perhatikan lama  pemeliharaan dan perawatan sehari-hari.
  • Simpan kelapa yang belum dikupas di ruangan terbuka dan kering, jika kelapa sudah dalam bentuk parutan atau santan, simpan dalam wadah tertutup dan masukkan kedalam freezer.
  • Camilan dan kue. Agak susah untuk menabung camilan dan kue buat Lebaran, bukan karena kedua makanan ini cepat basi, tapi lebih kepada susah untuk tidak menggerogoti tabungan kita tersebut :p Untuk anda yang hobi bikin kue dan camilan untuk Lebaran, tidak ada salahnya untuk mengkomersialkan hobi anda tersebut, lumayan untuk pendapatan tambahan :)
Catatan
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa masing-masing bahan yang hendak anda simpan, jangan sampai menyimpan barang melebihi tanggal kadaluarsanya.
  • Beri label pada masing-masing kemasan, tulis tanggal anda menyimpannya. Gunakan  bahan yang pertama kali anda simpan (first in first out).
Selamat menyambut Idul Fitri dan selamat menabung :)

4 comments:

Mujib Ridwan said...

sekedar tambahan aja "nabung pakaian"

Djaw! said...

@Mujib Ridwan
Menjelang Idul Fitri banyak diskon pakaian mas :D

tiket said...

yg jelas sech nabung duit, biar bso' msh da sisa uang..
heee...:)

Djaw! said...

@tiket

hahaha... Klo itu mah pasti dan wajib ^_^;;;

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini. Mohon maaf komentar berupa spam, scam dan iklan akan dihapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes